Kenali Masa Menstruasi Dengan Lebih Mendalam

0

Jangan sekalipun meremehkan kram menstruasi sebagai gangguan tubuh biasa loh. Efek samping dari menstruasi tersebut mungkin saja mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang menjadi penyebabnya. Jadi simak tis berikut ini yah ^^.

Periksalah kalender Anda

Jika menstruasi anda datangnya tidak dapat di duga, bisa jadi itu menjadi tanda untuk sesuatu yang serius. Namun sebelum Anda bergegas ke dokter, terapkan aturan three-cycle berikut ini. “Penyimpangan tidak wajar dapat disebabkan oleh pola makan, perjalanan jauh dan stres,” tutur Dr Marilyn Glenville, ahli gizi dan penulis The Natural Health Bible for Women. “Pantau siklus menstruasi Anda dan dapatkan pemeriksaan jika perubahan berlangsung selama three-cycle berturut-turut.” Namun, jika Anda bisa mengetahui kapan anda mendapatkan menstruasi, kemungkinan besar Anda sedang berovulasi dengan sehat.

Setiap siklus berlangsung antara hari ke 21 dan 42 normal bila berlangsung dengan konsisten. Namun jika siklus menstruasi Anda tidak teratur selama lebih dari tiga bulan berturut-turut, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter. “Periode ketidakpastian dapat mengindikasikan polycystic ovary syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon, yang dapat menimbulkan efek negatif pada kesuburan,” kata ginekolog Dr Peter Bowen-Simpkins.

“Lihat juga tanda-tanda ovulasi lainnya, seperti perubahan di payudara, PMS dan perubahan lendir serviks,” kata dokter kandungan, ginekolog dan presiden Asosiasi Medis Australia, Dr Gino Pecoraro. “Menstruasi yang panjang dan banyak, atau menstruasi yang cepat, sedikit dan tidak teratur juga dapat mengindikasikan Anda tidak memiliki siklus ovulasi di mana sel telur sedang dilepaskan.” Kalau sudah begitu, segera ambil tindakan, ladies. “Biji rami mengandung banyak hormon, baik yang disebut phytoestrogen, serta asam lemak baik seperti omega-3 dan 6, menjadikannya sebagai sangat penting ketika menstruasi,” kata Dr Glenville.

Ikuti arusnya

Perhatikanlah jika menstruasi Anda menjadi semakin parah, hal ini bisa mengindikasikan endometriosis atau fibroid. “Pendarahan berat, terutama jika menstruasi semakin banyak. atau Anda mengeluarkan bekuan darah, hal itu merupakan gejala endometriosis dan fibroid,” kata Dr Bowen-Simpkins. “Endometriosis adalah kondisi umum yang mempengaruhi sebanyak 20 persen wanita,” kata Dr Pecoraro, dan ditandai dengan menstruasi yang menyakitkan dan nyeri saat melakukan seks.

Ambil satu langkah tindakan: segera lakukan pemeriksaan ke dokter, termasuk pemeriksaan panggul dengan atau tanpa ultrasound scan, dapat mengetahui berbagai kondisi yang bisa membahayakan indung telur, rahim atau saluran tuba. Kemudian barulah Anda bisa melihat kepada faktor gaya hidup seperti stres.

Mengerti rasa sakit Anda

Kram dan menstruasi seringkali terjadi secara bersamaan, so jangan menganggap bahwa semua kram saat menstruasi merupakan tanda berbahaya ya. Kram selama menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim dan pada umumnya tidak perlu dikhawatirkan. “Hal ini penting untuk diingat, bagaimanapun, Jika rasa sakit terjadi pada kedua sisi yang sama, itu mungkin saja bukan nyeri ovulasi, namun merupakan gejala dari endometriosis yang mempengaruhi ovarium atau panggul di sisi tersebut,” jelas Dr Pecoraro.

Juga waspadalah terhadap rasa sakit yang muncul saat tanda-tanda menstruasi tidak kunjung datang, terutama selama atau setelah berhubungan seks. “Rasa sakit yang konstan di dalam panggul Anda adalah ciri khas dari endometriosis,” jelas Dr Bowen-Simpkins. Rasa sakit saat intercourse dapat mengakibatkan pelvic inflammatory disease (PID), yang seringkali disebabkan oleh infeksi menular seksual yang disebabkan chlamydia. Keduanya dihubungkan dengan jaringan parut internal, yang dapat menurunkan kesuburan Anda. Jadi biarkan dokter Anda mengendalikan bakteri tersebut ^^

Share.

About Author

mm

Leave A Reply