Megawati Menyatakan Bahwa Pancasila Bisa Menjadi Pedoman dari Perdamaian Dunia

0

Presiden ke-5 dari Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri mengajak dunia internasional, khususnya Asia mengimplementasikan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila. Menurutnya, Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia juga bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan dunia.

“Pancasila bisa menjadi pedoman. Dengan spirit Pancasila saya percaya Asia bisa mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan,” katanya saat berpidato di konferensi ke-12 Jeju Forum for Peace and Prosperity, Jeju, Korea Selatan, Kamis (1/6).

Mega mengatakan, Pancasila adalah pemandu secara spiritual, politik, ekonomi dan lainnya. Pancasila dapat diimplementasikan secara internasional untuk mencari solusi kehidupan bersama. Pancasila dicetuskan Presiden Soekarno saat berpidato pada 1 Juni 1945 lalu. Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia memiliki lima sila.

“Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Percaya kepada Tuhan dan saling menghormati antar sesama,” ujarnya.

Sila kedua, kata Mega, soal keadilan sosial. Melalui prinsip kedua ini Indonesia berkomitmen terhadap keadilan dan kesejahteraan tidak hanya untuk rakyat Indonesia namun juga untuk negara lain. Kemudian sila ke tiga persatuan Indonesia. Mega mengatakan, hal ini dapat diinterpretasikan secara internasional.

Sila ke empat, lanjut Mega, soal diskusi dan demokrasi mufakat. Menurutnya, demokrasi bukan untuk dimonopoli tapi adalah milik rakyat seutuhnya. “Sila kelima keadilan sosial berhubungan kepada kesejahteraan sosial,” katanya.

“Itu lah Pancasila kami. Percaya kepada Tuhan, keadilan sosial, internasionalis, demokrasi. Pancasila adalah pemandu secara spiritual, politik, ekonomi, dan lain-lain. Pancasila dapat diimplementasikan secara internasional untuk mencari solusi kehidupan bersama,” tambah Ketua Umum PDI Perjuangan ini.

Mega percaya tak ada seorang pun yang mau mentransfer konflik ke generasi muda. Karenanya Pancasila bisa menjadi pedoman untuk mewujudkan perdamaian.

Share.

About Author

mm

Leave A Reply