Mengenang Peristiwa Tsunami Aceh 26 Desember 2004

16

FAKTANKRI.COM – Dua Belas tahun telah berlalu, tepatnya tanggal  26 Desember 2004, saat itu semua sedang bersuka cita untuk menyambut pergantian tahun dan usai perayaan Hari Natal, tsunami dahsyat Terjadi Di Aceh. Bencana tersebut menjadi salah satu bencana terhebat dan terbesar di abad 21 yang bersumber dari gempa 9,1 SR di Samudra Hindia.

Energi yang terjadi di permukaan Bumi oleh gempa dan tsunami di aceh pada tahun 2004 ini  sebesar 1,1×1017 joule atau 26 megaton TNT. Energi ini sama dengan kekuatan 1.500 bom atom Hiroshima, tetapi sedikit lebih kecil daripada Tsar Bomba, senjata nuklir terbesar yang pernah diledakkan.

Dua Belas tahun setelah kejadian tersebut kota-kota yang terkena bencana menjadi salah satu tujuan wisata warga Pulau Sumatra tepatnya Sumatra Utara dan sekitarnya.

berikut tampilan perunahan yang terjadi

 

Kelihatan Bahwa saat ini jalan Lintas Banda Aceh – Meulaboh telah luas dan bersih dan dan Kota Meulaboh telah dibangun kembali menjadi kota yang indah.

Masih ada banyak lokasi Kejadian yang telah di bangun dan di jadikan tempat wisata misalnya saja Kapal yang tersangkut di atas atap rumah yang sekarang menjadi salah satu tempat wisata dan Kapal PLTU yang naik ke daratan yang juga sudah menjadi tempat wisata yang bisa mengundang 500-600 orang dalam seminggu.

 

Share.

About Author

16 Comments

Leave A Reply