Pelecehan Seksual Secara Massal di India, Malah Kaum Perempuan Yang Disalahkan

0

Pemerintah dan para pria di India punya masalah terhadap cara mereka menghargai perempuan. Setelah beberapa kali terjadi pemerkosaan yang dilakukan oleh sekelompok lelaki (gang rape), pada pergantian tahun kemarin pelecehan seksual harus dialami kembali oleh para perempuan di India.

Saat malam tahun baru, terjadi pelecehan seksual yang dilakukan secara massal oleh sejumlah pria.


Berdasarkan laporan The New York Times, para perempuan yang tengah berkumpul di jalan di kota Bangalore, India, menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan secara massal oleh sejumlah laki-laki. Mereka dipegang-pegang, bahkan hingga dikejar-kejar di sepanjang jalan tersebut. Kekacauan ini terjadi meski kala itu ada lebih dari 1.500 petugas kepolisian yang berjaga.

Media lokal, Bangalore Mirror, merilis sejumlah foto yang menunjukkan bagaimana keonaran itu terjadi. Salah satunya adegan saat beberapa perempuan terjebak di antara kerumunan para pria. Ada juga foto seorang perempuan yang memeluk polisi wanita karena ketakutan. Polisi yang ada di lokasi juga terlihat mengeluarkan tongkat untuk membubarkan massa.

Beberapa saksi yang diwawancari The Guardian berkata bahwa beberapa pria berpura-pura membantu para perempuan padahal mereka sedang melakukan pelecehan seksual seperti memegang-megang atau menghina mereka. Para perempuan pun mencoba mencari tempat untuk berlindung dari kekacauan tersebut.

Salah seorang menteri di India justru menyalahkan perempuan atas tragedi ini.


Seperti dikutip dari Al Jazeera, G Parameshawara yang merupakan seorang menteri justru menyalahkan para korban perempuan atas insiden ini. Menurutnya, penyebab terjadinya pelecehan seksual secara massal itu adalah karena para perempuan memakai pakaian yang kebarat-baratan. Ini adalah sebuah pernyataan konyol dari seorang pejabat publik.

Akibat dari pernyataan ini Parameshwara pun mendapat berbagai kecaman dari publik India yang meyakini pemerintah bertanggungjawab untuk memberikan rasa aman bagi seluruh warga India, tak terkecuali para wanita.

Hingga kini pihak kepolisian India belum menetapkan tersangka, tapi mereka sedang menelusuri rekaman CCTV untuk bisa mengidentifikasi pelaku. Mereka pun meminta publik untuk melaporkan jika memiliki bukti berkaitan dengan kekacauan ini.

Share.

About Author

Leave A Reply