Ternyata Indomie Juga “Dipuja”di Nigeria, Ini 7 Buktinya!

0

Belum lama ini Nigeria merayakan Hari Demokrasi yang jatuh pada 29 Mei. Namun bukan hal itu yang menjadi pokok topik kali ini, melainkan ucapan selamat yang diberikan Indomie kepada warga Nigeria. Lah, apa hubungannya ya Indomie sama Hari Demokrasi Nigeria yang nun jauh di Afrika?

Dalam poster tersebut tampak seorang pria yang menyatakan “sumpah setia mengabdi” kepada Indomie!


“Saya berjanji kepada Indomie seleraku, untuk selalu setia, loyal, dan jujur.”

Wow, sefavorit itu kah Indomie di Nigeria sampai ada yang rela bersumpah setia terhadapnya? Selain kagum, ada sepercik rasa lucu dan heran dari reaksi netizen Indonesia saat melihat iklan tersebut.

Indomie sudah ada di Nigeria sejak akhir tahun 1980an lho.

Jangan dikira mie instan ikonik asal Indonesia ini hanya pendatang baru dalam industri pangan Nigeria. Indomie sudah dipasarkan di sana sejak akhir 80-an, kerja sama antara Indofood dan perusahaan lokal Dufil Prima Food.

Permintaan pasar yang tinggi, keuntungan yang menggiurkan dan nihilnya saingan membuat kedua perusahaan sepakat membangun pabrik dalam negeri di Nigeria.

Posisi Indomie sebagai ikon mie instan di Nigeria hampir menyamai di Indonesia… Bahkan mungkin lebih kuat!


Sudah hampir empat dekade dan Indomie masih terus merajai bisnis pangan Nigeria. Wajar kalau popularitas begitu positif nan membekas bagi warga Nigeria. Konon, hampir gak ada orang Nigeria yang gak tahu apa itu Indomie. Rasanya yang enak meskipun harganya begitu murah juga berkontribusi pada citra positif ini.

Gak sedikit juga yang mengira Indomie itu produk asli Nigeria, alih-alih impor.


Sebagai pelopor mie instan di Nigeria, wajar kalau Indomie sampai menjadi majas metonimia untuk kata “mie instan”. Maksudnya orang Nigeria sudah menganggap mie instan itu ya Indomie, bukan yang lain, meskipun sekarang sudah banyak saingannya.

Banyak juga warga Nigeria yang berpikir bahwa Indomie adalah produk asli dalam negeri mereka, bukan merek dagang import… saking jadi pelopornya nih.

Aneka promosi untuk mengibarkan nama Indomie di Nigeria total banget, sampai ada komiknya segala!


Namanya “The Indomietables”, ceritanya serupa tapi tak sama dengan Fantastic Four atau X-Men gitu deh. Super populer dan menarik hati, terutama bagi kostumer muda. Pantas kalau sampai anak-anak pun menggandrungi brand ini. Di Indonesia aja gak ada lho!

Karena Nigeria juga negara mayoritas Muslim, status halal Indomie makin membuatnya menarik deh.

Tidak hanya ucapan selamat Hari Demokrasi, campaign menyambut bulan suci Ramadan juga ramai diusung Indomie Nigeria seperti bisa kamu lihat di situs mereka. Nigeria juga negara dengan mayoritas penduduk Muslim sehingga kualitas halal yang ditawarkan Indomie menjadi nilai plus bagi para kostumer di sana.

Saking favoritnya, posisi Indomie setara bahkan hampir mengalahkan bahan makanan pokok di Nigeria…

Apalagi saat krisis moneter harganya tetap stabil ramah di kantong dibandingkan sembako lainnya. Rasa enak; mutu terjamin; dan mampu mengenyangkan meski harga murah, pantas saja Indomie jadi primadona hingga nyaris mengalahkan makanan pokok Nigeria.

Bangga juga ya, ternyata produk dalam negeri kita sampai berjaya di perekonomian negara lain seperti ini! Indomie memang merupakan sebuah ikon legendaris, baik dalam negeri sendiri maupun pada taraf internasional. Semoga kelak ada produk Indonesia lain yang bisa begitu impresif dan memikat pasar mancanegara ya guys!

Share.

About Author

Leave A Reply